Informasi

Informasi dan Potensi — Ini adalah informasi yaang didapatkan dari situs Republika.co.id tentang pengetahuan alam. Sekitar 8,7 juta spesies hewan dan tumbuhan hidup di bumi. Jumlah tersebut boleh dibilang akurat ketimbang data yang sempat dipublikasikan. Sebelumnya, pertengahan 1700-an, ilmuwan Swedia, Carl Linnaeus menemukan 1,25 juta spesies. Jumlah itu selanjutnya diklasifikasikan melalui sistem taksonomi yang masih digunakan hingga sekarang.

Sementara angka 8,7 juta merujuk pada hasil analisis matematika terhadap spesies yang diketahui. Namun, angka 8,7 juta tersebut baru mencakup  86 persen spesies darat dan 91 persen spesies laut. Artinya, masih ada kemungkinan jumlah spesies yang hidup di Bumi lebih dari jumlah yang diprediksikan.

“Pertanyaan tentang berapa banyak spesies yang ada telah menarik ilmuwan selama berabad-abad. Penelitian ini penting untuk dilakukan lantaran aktivitas manusia mempercepat laju kepunahan spesies di Bumi,” papar Camilo Mora, peneliti dari University of Hawaii seperti dikutip Alarabiya.net, Rabu (24/8).

Mora mengatakan ada kemungkinan sejumlah spesies terancam punah sebelum kita tahu tentang keberadaan mereka. Padahal kehadiran mereka sangat penting bagi keseimbangan ekosistem, utamanya bagi kesejahteraan manusia. Hasil analisis ini selanjutnya memperkirakan terdapat 7.770.000 spesies, yang mana 953.434 spesies telah dimasukan dalam katalog.

Para peneliti juga mengatakan ada kemungkinan 611.000 merupakan jenis jamur. Namun, baru 43.271 spesies jamur yang dikenal. Sementara 36.400 spesies protozoa, atau organisme sel tunggal seperti amuba, dan 27.500 spesies Chromista, seperti ganggang coklat dan jamur air, juga termasuk dalam jumlah yang diproyeksikan.

Selain spesies yang terdata, para peneliti juga mempublikasikan data yang dikeluarkan oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. Organisasi ini menyebutkan dari 59.508 spesies, sepertiganya atau 19.625 spesies diklasifikasikan sebagai terancam.

“Umat Manusia sewajarnya berkomitmen untuk menyelamatkan spesies dari kepunahan, tapi sampai sekarang memiliki gagasan yang minim soal itu,” Pungkas Boris Worm, peneliti dari Universitas Dalhousie.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Twitter

  • UNESCO; Al Aqsa Situs Suci Umat Islam: MCI News - Media Cakrawala Indonesia Media Cakrawala Indonesia – Berita Pendidikan. UNESCO; Al... 1 month ago
  • Pengukuhan Lembaga Pemangku Adat Kesulthanan Banten: MCI News - Media Cakrawala Indonesia Media Cakrawala Indonesia – Berita Baru. Pe... 1 month ago
%d bloggers like this: