Bisnis, Informasi, Potensi

Jenis Kerajinan Kayu Indonesia

Informasi dan Potensi – Indonesia adalah salah satu negara penghasil kerajinan dari bahan kayu yang sangat terkenal didunia, pusat-pusat kerajinan banyak tersebar didaerah-daerah Indonesia, terutama yang berdekatan dengan daerah pariwisata. Usaha ini umumnya merupakan usaha yang telah lama di tekuni dan merupakan usaha turun temurun dari generasi sebelumnya. Konsumen utamanya adalah wisatawan yang melakukan perjalanan wisata kedaerah setempat.

Daerah wisata yang menonjol untuk usaha kerajinan kayu antara lain adalah di Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Irian Jaya dan Nusa Tenggara.

Barang-barang kerajinan kayu tersebut banyak diminati oleh wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Produk kerajinan kayu ada yang sudah menembus pasar ekspor dunia, diantaranya produk mainan, meskipun secara volume belum dapat bersaing dengan komoditi andalan yang lainnya, baik di sektor migas maupun non migas.

Bahan baku kayu bagi industri kerajinan bisa dikatakan hampir tidak mempunyai batasan jenis dan ukuran. Bahkan, limbah kayu pun dapat dimanfaatkan. Secara umum jenis produk kerajinan kayu terdiri dari art product (Sebagian besar pengerjaan tangan/seni), dan mass product (sebagian besar pengerjaan mesin dan seni). Ketiga jenis barang kerajinan tersebut bentuk dan jenisnya sangat variatif dengan jumlah yang relatif banyak.

Produk seni dari kayu ada yang berbentuk mainan binatang, bunga-bungaan, buah-buahan, ikan-ikanan, perabot rumah tangga, aksesoris dan jenis lainnya. Dari sisi fungsinya, dibedakan menjadi barang seni hiasan dan barang seni sekaligus fungsional seperti untuk perabotan rumah tangga.

Dalam bidang seni ini diperlukan inovasi dan kreativitas yang dinamis, karena dari waktu ke waktu desain produk sangat cepat berubah dan juga supaya tidak ketinggalan tren dipasar dunia

Bahan kerajinan kayu ini diantaranya adalah kayu sengon, jabon dan kayu jati. Sumber bahan baku tersebut sangat melimpah dari pasar lokal. Sedangkan bahan tambahan yang digunakan biasanya terdiri dari berbagai jenis cat, pewarna, politur,dan semir.

Mesin dan peralatan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan kayu diantaranya sebagai berikut ; 1. Mesin potong kayu dan alat pengering. 2. Band saw kecil ,gergaji dan pahat. 3. Amplas , politur 4. Mesin semprot cat dan kuas untuk mewarnai.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Twitter

  • UNESCO; Al Aqsa Situs Suci Umat Islam: MCI News - Media Cakrawala Indonesia Media Cakrawala Indonesia – Berita Pendidikan. UNESCO; Al... 1 month ago
  • Pengukuhan Lembaga Pemangku Adat Kesulthanan Banten: MCI News - Media Cakrawala Indonesia Media Cakrawala Indonesia – Berita Baru. Pe... 1 month ago
%d bloggers like this: